INSPIRASI 30 HARI (Proyek Menulis 2 Ibu) – Day 09 : Gamang

Mitra menulis saya di Inspirasi 30 Hari ini, yaitu mbak Judith, pernah menulis mengenai dampak positif yang dia peroleh setelah masuk dalam dunia per-twitter-an. Saya pun mengalami hal yang sama. Tapi intinya adalah kami berdua mungkin merupakan bagian kecil dari populasi manusia yang masih tercengang dengan segala keajaiban teknologi dalam era digital ini.
 
Tadi malam saat saya sedang menulis, saya menyadari dengan sesadar-sadarnya, bahwa peribahasa yang mengatakan ”Dunia tak selebar daun kelor” bisa dilihat dengan jelas disini. Bayangkan, era digital telah membawa kita untuk bisa melihat inovasi yang menakjubkan (mobil canggih, gadget yang super cool, rumah dengan konsep go-green yang eksklusif, mobil hybrid dan lain-lain). Kita juga terekspos pada kenyataan bahwa begitu mudahnya informasi didapat, lewat berbagai jejaring sosial ataupun media yang ada. Bahkan saat ini anak SD pun sudah piawai menggunakan komputer karena adanya tuntutan dalam pelajaran ilmu komputer dimana teknologi telah membantu dengan menyiapkan program yang sesuai dengan usia mereka agar lebih cepat mengenal komputer.
 
Itu semua adalah reaksi saya, yang sudah diberi karunia untuk cukup lama merasakan hidup di dunia ini. Sudah sempat menjalani hidup bersekolah, bekerja dan berkeluarga. Saya kagum, saya tercengang, saya bingung dengan pilihan yang ada, tapi saya masih bisa memilih yang mana yang saya perlukan.
 
Tapi pernahkah terpikir oleh kita apa yang dirasakan oleh anak remaja saat dihadapkan pada kondisi seperti itu ? Remaja yang sedang memasuki masa puber – dimana mereka sendiri masih merasa tidak nyaman dengan badannya karena hormon yang belum bekerja dengan optimal dan perkembangan tubuh menuju tubuh dewasa, eh … sekarang masih ditambah dengan segala gegap gempita pilihan yang ada di depan mata.
 
Apa sih yang mereka rasakan ? Barangkali analogi paling mudah adalah jika kita berdiri di tepi sebuah gedung yang tinggi, di atap yang paling atas dan kita melihat ke bawah. Apa yang kita rasakan ? GAMANG. PUSING. TAKUT JATUH. BADAN LEMAS.
 
Salah satu contoh sederhana adalah saat ini kalau kita bertanya kepada para remaja, ’Nanti kalau kamu kuliah, mau ambil jurusan apa?’ – mungkin tidak ada yang bisa menjawab dengan yakin. Bukan salah mereka, karena sedemikian banyaknya pilihan yang terbentang, sehingga jika tidak ada yang mendampingi, mereka tidak akan pernah tahu hidup mereka harus dibawa kemana. Kita lihat betapa banyak jurusan untuk sekolah yang merupakan pengembangan dari jurusan yang sudah ada. Contoh yang paling mudah adalah Animasi, yang saat ini menjadi salah satu jurusan favorit, padahal sebelumnya belum pernah ada disiplin ilmu khusus yang mendalami animasi.
 
Lalu apa yang kita harapkan dari para remaja, yang baru saja berada di dunia ini dalam hitungan belasan tahun ? Tanpa kita dampingi dan kita bekali, mereka akan merasa gamang menentukan pilihan untuk menuju ke masa depan. Tanpa kita temani, mereka akan selalu merasa takut pilihannya salah. Tanpa kita dukung penuh, mereka akan selalu uring-uringan karena merasa serba salah dengan pilihan yang dibuat. Karena itu janganlah heran kalau melihat ada mahasiswa/i yang tidak selesai-selesai kuliah, malah asyik berganti-ganti jurusan tanpa pernah tuntas menyelesaikannya. Atau malah banyak anak muda yang mencari gelar S-1 lewat program yang sesingkat-singkatnya sehingga di usia 22-23 tahun sudah bisa bekerja dengan embel-embel S-1 di belakang namanya.
 
Setelah menyadari fakta seperti itu, apakah yang hendak kita perbuat ? Mendampingi para remaja sampai mereka merasa mantap dengan pilihannya menuju masa depan, baik itu dalam bentuk memilih jurusan kuliah, memilih pekerjaan, memilih sekolah, memilih teman bergaul, dan lain-lain. Atau membiarkan mereka menemukan jalannya sendiri – dimana kita tidak bisa memastikan apakah mereka menemukan jalan yang baik atau jalan yang tidak baik.
 
Let’s do something …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s