INSPIRASI 30 HARI (Proyek Menulis 2 Ibu) – Day 17 : Kekuatan Senyum

Smile though your heart is aching
Smile even though it’s breaking
When there are clouds in the sky, you’ll get by
If you smile through your fear and sorrow
Smile and maybe tomorrow
You’ll see the sun come shining through for you

Light up your face with gladness
Hide every trace of sadness
Although a tear maybe ever so near
That’s the time you must keep on trying
Smile, what’s the use of crying ?
You’ll find that life is still worthwhile
If you just smile

Ini adalah salah satu lagu kesukaan saya, yang selalu membuat mata saya berkaca-kaca setiap mendengar liriknya. Lagu oldies, dinyanyikan oleh Nat King Cole dan dipakai sebagai soundtrack film “Charlie Chaplin”. Walaupun dinyanyikan dengan melodi yang melankolis, namun liriknya sungguh mengandung sebuah semangat dan motivasi untuk tetap optimis menghadapi hari demi hari hanya lewat sebuah senyuman.

Saya teringat dengan guru agama saya sewaktu di SMP dan SMA. Beliau tidak pernah berhenti mengatakan bahwa hal pertama yang harus dilakukan setelah kita bangun tidur di pagi hari adalah : menyisir rambut, tersenyum dan berdoa. Dulu saya tidak pernah memikirkan makna dari perkataan beliau. Saya mengingatnya karena menurut saya itu sebuah statement yang lucu karena hal pertama yang dilakukan adalah menyisir.

Namun setelah saya bekerja, menikah dan punya dua anak, dengan segala kehebohan yang terjadi setiap pagi, dengan seluruh masalah yang ada, saya kerapkali lupa untuk tersenyum. Hal pertama yang dilakukan di pagi hari adalah memasang muka serius dan langsung memikirkan mengenai hal-hal yang harus dikerjakan dan dicapai hari itu.

Dengan semakin bertambahnya usia, setiap selesai melakukan kegiatan di pagi hari, menyiapkan anak-anak untuk sekolah dan suami sudah pergi bekerja, lalu saya duduk dan beristirahat sejenak sebelum lanjut dengan kegiatan lainnya. Belakangan saya memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan flashback ke peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam hidup saya.

Dan suatu saat, saya menyadari bahwa ada perbedaan yang besar saat saya memulai hari saya dengan tersenyum atau dengan cemberut.

Sebelumnya, saya ingin mengajak anda membaca sedikit ulasan yang saya peroleh dari detikhealth mengenai senyum :
… dibutuhkan lebih sedikit otot wajah untuk membuat seseorang tersenyum dibanding cemberut. Beberapa ahli menyatakan dibutuhkan 43 otot untuk cemberut dan hanya 17 otot untuk tersenyum.

Lalu disebutkan juga manfaat dari tersenyum : bisa mengubah suasana hati menjadi bahagia dan akhirnya membantu kita untuk berpikir positif, menular ke orang-orang di sekeliling kita, bisa meredakan stress karena mengubah suasana hati menjadi tenang, menurunkan tekanan darah, senyum bisa melepaskan endorfin (senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami) dan serotonin yang bisa menimbulkan perasaan senang.

Para peneliti saja sampai tertarik untuk mengamati tentang senyum. Apalagi manusia, yang memang dibri kemampuan untuk tersenyum, tanpa bayar alias gratis.

Cobalah rasakan perbedaannya. Jika di pagi hari anda bangun terlambat sementara ada meeting penting yang harus dihadiri, boro-boro tersenyum, anda mungkin tidak sempat sarapan. Lalu bagaimana dengan sisa hari anda ? Ada kemungkinan anda akan mengalami hari yang mengesalkan karena terlambat datang ke meeting, ditegur oleh atasan, akhirnya mood bekerja menjadi tidak baik, dan segala sesuatunya lalu menjadi serba salah.

Nah, coba lakukan yang sebaliknya. Anda bangun, duduk di tempat tidur dan tersenyumlah selama 3 detik. Penuhi pikiran kita dengan rasa terima kasih sebab hari ini anda masih bisa bernapas dan hidup. Walaupun tugas menumpuk menanti anda, kemungkinan besar anda akan bisa melewatinya dengan tenang karena anda akan memulai hari anda dengan perasaan senang.

Tidak percaya ? Buktikan sendiri. Kegiatan yang sangat sederhana, gratis dan hanya memerlukan waktu 3 detik untuk melakukannya setiap pagi, namun sangat dahsyat efeknya.

You’ll find that life is still worthwhile
If you just smile …

Leave a Reply

