INSPIRASI 30 HARI (Proyek Menulis 2 Ibu) – Day 27 : Pelajaran Kehidupan

Dalam menjalani hidup ini, ada tiga hal yang selalu bisa memberikan ‘nilai tambah’ dalam kehidupan saya, yaitu : membaca buku, menonton film dan musik.

Membaca buku ‘Peak and Valley’ dari Spencer Johnson, telah memberikan konfirmasi tentang sebuah pelajaran hidup, bahwa kebahagiaan tidak diperoleh dari status atau pekerjaan, tetapi dari cara kita mengendalikan gelombang-gelombang dalam kehidupan kita dan mentransformasikannya menjadi sebuah kebahagiaan.

Membaca novel ‘Rara Mendut’ karangan Y.B. Mangunwijaya, saya selalu teringat bagian menarik, yaitu saat diceritakan Rara Mendut yang cantik, menjual rokok lintingan, sehingga para pria mengantri untuk membelinya. Saya bisa membayangkan keadaan saat itu, dimana para perempuan Indonesia masih memakai kain kebaya sebagai pakaian sehari-hari dan hidup di tengah-tengah budaya patriarki, yang menempatkan perempuan sebagai kaum tertindas. Pasti akan sangat sulit bagi seorang Rara Mendut untuk bisa berdiri sebagai seorang wanita yang berani menyuarakan isi hatinya dan menentang tradisi.

Bahkan saat saya membaca serial “Sia Tiauw Eng Hiong” (Pemanah Burung Rajawali), saya tidak bisa berhenti membaca karena kagum dengan imajinasi sang pengarang yang menciptakan berbagai macam nama untuk jurus-jurus kungfu di dalam buku. Sampai saya pernah berpikir betapa sengsaranya saat itu jika harus pergi dari satu ke tempat lain, sementara saat ini jarak yang jauh pun bisa ditempuh dengan transportasi modern dalam waktu yang relatif singkat.

Menonton film serial televisi berjudul ‘One Tree Hill’ telah memberikan inspirasi kepada saya bahwa menjadi remaja adalah sebuah periode yang berat dalam rentang hidup seorang manusia, maka remaja memang sangat membutuhkan pendampingan agar tidak salah melangkah.

Menonton film ‘Jomblo’, membuat saya tertawa terbahak-bahak. Dialognya lucu dan cerdas, sangat menggambarkan dunia mahasiswa yang dinamis. Tapi sekaligus membuat saya merasa miris, menyadari bahwa sebenarnya tingkat kreatifitas orang Indonesia itu bagus, hanya saja kita lebih senang membuat sebuah karya yang mutunya di bawah standar, hanya karena mengejar target jumlah penonton. Lihat betapa banyaknya film-film yang bertema hantu, yang sangat tidak layak untuk ditonton anak-anak.

Mendengarkan musik memberikan kesan yang berbeda-beda pada diri saya. Saat saya mendengarkan lirik dari lagu ‘Butiran Debu’, saya kagum pada ketrampilan sang pencipta meramu kata seperti ini :

Aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi
Aku tenggelam dalam lautan duka dalam
Aku tersesat dan tak tahu arah jalan pulang
Aku tanpamu, butiran debu

Saat saya mendengarkan lirik lagu ‘Everything’ dari Michael Buble, dengan melodi yang sangat dinamis, saya bisa merasakan hati yang sedang jatuh cinta dengan lirik seperti ini :

And in this crazy life, and through this crazy times
It’s you, it’s you, you make me sing
You’re every line, you’re every word, you’re everything
You’re every song, and I’d sing along,
’cause you’re my everything

Maka membaca buku, menonton film dan mendengarkan musik, tidak melulu memberikan tambahan pelajaran kehidupan kepada saya. Tetapi terkadang memberikan konfirmasi tentang sebuah nilai kehidupan, terkadang membeberkan sebuah kenyataan pahit di depan mata kita, tapi terkadang juga bisa membantu kita untuk mengenang masa-masa indah seperti saat kita masih kecil atau saat kita masih pacaran.

Maka membaca buku, menonton film dan mendengarkan musik, adalah sebuah bentuk kebiasaan yang ingin saya tularkan dan kembangkan kepada generasi muda, dimulai dari anak-anak saya.

Maka membaca buku, menonton film dan mendengarkan musik, akan menjadi dahsyat efeknya, jika generasi muda kita didampingi untuk bisa memilah sisi positif dan negatifnya.

Leave a Reply

