INSPIRASI 30 HARI (Proyek Menulis 2 Ibu) – Day 30 : Di hari ke-30 …

Tidak terasa sudah 30 hari saya dan mitra menulis saya, mbak Judith (@LetsShareABook) telah menulis di blog kami masing-masing tentang pengalaman hidup kami sehari-hari, yang telah memberikan inspirasi dan aspirasi bagi kami (bisa dilihat di : http://www.rosepratiwi.wordpress.com dan http://www.myshareabook.wordpress.com).

Sungguh 30 hari yang penuh dengan berbagai rasa, seperti permen nano nano : seru, tegang, mendebarkan.

Seru, karena ternyata sangat mengasyikkan untuk memilih sebuah pengalaman hidup keseharian untuk ditulis menjadi sesuatu yang bisa berguna bagi diri saya dan pembaca.

Tegang, karena banyak hari dimana saya harus meluangkan waktu untuk menulis menjelang tengah malam, di saat semua orang di rumah sudah tidur. Atau malah di pagi hari di saat anak-anak saya sudah berangkat sekolah. 

Tegang karena ada hari-hari dimana kepanikan melanda sebab saya merasa tidak ada ide sedikitpun apa yang akan saya tulis untuk hari tersebut. 

Tegang karena ada hari-hari dimana saya hanya duduk terpaku dan bengong di depan laptop, bingung mau menulis apa.

Mendebarkan saat saya sedang memposting tulisan saya hari itu, karena berarti saya telah berhasil mengisi hari saya dengan sebuah kegiatan positif, yaitu mengasah ketrampilan menulis saya. 

Mendebarkan karena file saya sempat hilang, yang sempat membuat saya bengong sejenak. Namun syukurlah masih bisa saya copy dari tulisan di blog saya, walaupun beberapa draft tulisan tidak bisa kembali lagi.

Namun dibalik semuanya itu, saya belajar banyak sekali dari menulis setiap hari selama 30 hari belakangan ini.

Saya belajar bahwa bermitra dengan orang seperti mbak Judith, yang memiliki passion menulis dan membaca yang sangat tinggi, ternyata telah menularkan kepada saya semangat untuk terus maju dan tidak pernah putus asa, walaupun banyak kegiatan rutin yang harus dilakukan. Walaupun kami belum pernah bertemu muka sekalipun, hanya berkomunikasi via twitter dan chatting.

Saya belajar bahwa janji dan komitmen untuk menepati janji tersebut, adalah hal yang sulit namun tidak mustahil untuk dilakukan. Karena kalaupun saya ‘bolong’ menulis satu atau dua hari, saya yakin tidak ada satu orangpun yang akan marah atau menghukum saya. Tapi saya dan mbak Judith melakukannya setiap hari karena kami merasa bahwa sebuah janji sudah terucap dari kami dan janji harus ditepati.

Saya belajar bahwa melakukan sesuatu dengan cinta yang besar, yaitu menulis, adalah hal yang sangat menyenangkan. Merupakan sebuah kegiatan relaksasi di akhir hari yang sibuk. Dan merupakan sebuah ekspresi diri saya lewat pengalaman keseharian yang saya tuliskan.

Saya belajar bahwa ternyata banyak yang bisa kita serap dari lingkungan sekitar kita. Bahwa dengan berpikir positif, kita bisa menemukan hal-hal yang baik dari semua peristiwa yang kita alami.

Saya belajar untuk lebih menghargai dan mensyukuri keberadaan saya saat ini, karena lewat pengalaman keseharian atau kisah hidup teman yang saya tulis, saya belajar untuk mensyukuri apa yang saya miliki saat ini dan tidak mengeluh lagi terhadap Tuhan yang telah begitu baik memberikan kehidupan dan keluarga yang saya cintai kepada saya.

Saya belajar bahwa ‘BELAJAR’ memang tidak mengenal usia. Apakah itu belajar menulis, belajar untuk banyak membaca buku, belajar memasak dan belajar lainnya. Yang terpenting adalah niat dan tekad serta usaha untuk bisa mewujudkannya.

Dan saya belajar bahwa menulis bisa menjadi sebuah terapi bagi diri saya untuk bebas berekspresi lewat cara yang tidak mengganggu dan merugikan orang lain.

Once again, the biggest thank to mbak Judith, my partner. It is an honor to write with you. I really enjoyed the moment. I hope we can write together again and again and again in the future.

Leave a Reply

